B. Struktur Organisasi Pengurus dan Anggota

v Struktur Organisasi Pengurus dan Anggota

     Ditulis ulang oleh: Dery Aldino


Gambar 1 : struktur organisasi pengurus dan anggota

Uraian pembagian tugas masing-masing di Koperasi Simpan Pinjam Pelayanan Syariah 
             1.      Pengurus
             Mengawasi, mengevaluasi dan mengarahkan pelaksanaan pengelolaan KSPPS.
            2.      Pengawas
            Mengawasi jalannya operasional KSPPS, meneliti dan merekomendasi produk baru, serta membuat pernyataan secara              berkala, bahwa yang di KSPPS mengawasi sesuai dengan ketentuan syariah .
          3.      Manajer Marketing Cabang
a.  Bersama-sama dengan MAC, AO, dan Marketing merancang program kerja dan anggaran tahunan kantor cabang yang berkaitan dengan promosi, pemasaran, penjualan produk dan edukasi syariah terhadap masyarakat.
b. Melakukan pendekatan terhadap tokoh atau ormas yang potensial dalam memperluas maket share Tamzis
c.   Bersama-sama dengan MAC menjaga likuiditas kantor cabang yang optimal
d. Melakukan pendelegasian dan distribusi tugas kepada AO yang berkitan dengan pemasaran dan penjualan.
e.    Melakukan koordinasi kerja antar Account Officer dan Staf Marketing
f.  Melakukan survey dan penilaian kelayakan atas pengajuan pembiayaan dari anggota sesuai jenjang yang telah diatur SOP pembiayaan
g.  Mengklasifikasi kelancaran pembiayaan dan melakukan remidial sesuai dengan jenjang dan klasifikasi yang telah diatur dalam SOP pembiayaan
h. Menciptakan iklim kerja yang baik, melakukan bimbingan dan senantiasa memotivasi staf-stafnya agar terus meningkatkan prestasi
i.  Membuat laporang keuangan dan kinerja kantor cabang ke manajement pusat
        4. Teller
a.       Menyelesaiikan laporan kas harian
b.      Menerima dan mengeluarkan transaksi tunai sesuai deengan batas wewenang
c.       Menyusun bukti-bukti transaksi keluar dan masuk dan memberikan nomor bukti.
d.      Membuat rekapitulasi transaksi masuk dan keluar, dan meminta validasi dari pihak yang berwenang
e.       Melakuka cross chek antara rekpitulasi kas deengan mutasi vault dan neraca.
f.       Melakukan penghitungan kas pada pagi dan sore hari saat akan dimulainya hari kerja dan akhirnya hari kerja.
g.      Meneliti setiap ruang masuk akan keaslian uang agar terhindar dari uang palsu
h.      Menyediakan laporan cashflow pada akhir bulan untuk keperluan evaluasi. 
       5.      Account Officer (AO)
a.  Bersama-sama dengan MAC, AO, dan Marketing merancang program kerja dan anggaran tahunan kantor cabang yang berkaitan dengan promosi, pemasaran, penjualan produk dan edukasi syariah terhadap masyarakat.
b. Membantu dan berkoordinasi dengan MMC memperluas pasar dengan melakukan pendekatan denga tokoh masyarakat dan pimpinan ormas atau komunitas yang potensial dalam memperluas market share Tamzis
c.  Memasarkan produk pendanaan Tamzis baik produk komersia (Tamwil) yaitu simpanan Mutiara dan Investasi Berjangka Mudharabah (Ijabah) maupun produk Mall (zakat, infaq, sadaqah, waqaf )
d.   Memasarkan produk pembiayaan Tamzis baik yang menggunakan akad mudharabah maupun murabahah.
e.  Melakukan survey dan penilaian kelayakan atas pengajuan pembiayaan dari anggota sesuai dengan batas kewenangan yang telah diatur dalam SOP pembiayaan
f. Meneruskan pengajuan pembiayaan dari anggota kepada MMC yang nilainya diatas kewenangan AO sebagaimana diatur dalam SOP pembiayaan
g.  Melakukan koordinasi denga MAC dan admin pembiayaan dalam menyusun jadwal pencairan pembiayaan yang telah disetujui
h.   Memastikan semua pembiayaan yang telah dijadwalkan bersama admin telah dicairkan dengan benar
i.    Menugaskan dan mengkoordinasikan para marketing atau kolektor yang dipimpinnya untuk melakukan kolekting pembiayaan dan simpanan Mutiara dari anggota yang mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Tamzis
j.   Melakukan pengawasan dan bertanggung jawab terhadap kualitas kerja marketing atau kolektor yang dipimpinnya
k.  Mengklasifikasi kelancaran pembiayaan dan melakukan remidial terhadap pembiayaan yang telah jatuh tempo antara 0 s/d 6 bulan sesuai dengan tanggung jawabnya sebagaimana diatr dalam SOP pembiayaan
l.   Menciptakan iklim kerja yang baik diantara marketing atau kolektor, melakukan bimbingan senantiasa memotivasi mereka agar terus meningkatkan prestasi.
m. Menciptakan suasan islami dan senantiasa berusaha agar prinsip-prinsip syariah dilaksnakan secara baik dilingkungan kantornya.
n. Membuat laporan harian, mingguan, dan bulanan mengenai kinerja timnya (marketing/kolektor yang dipimpinnya) kepada MMC.
        6.      Marketing Kolektor
a.    Membantu Account Officer memasarkan dan mengenalkan produk-produk Tamzis
b. Menjelaskan kepada masyarakat prosedur dan syarat-syarat mendapatkan fasilitas pendanaan dan pembiyaan dari Tamzis
c.  Menjelaskan kepada masyarakat prosedur dan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi untuk menjadi anggota Tamzis
d. Melayani dan membantu anggota secara teknis yang akan melakukan transaksi (pembiayaan, simpanan, investasi, zakat, sadaqah, infaq dan waqaf) dengan tamzis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

C. Iuran Anggota dan Laporan Keuangan

E. Sisa Hasil Usaha (SHU) dan Rapat Anggota Tahunan (RAT)

A. Sejarah Koperasi